Senin, 02 Desember 2019

Resep Bolen

1. Sejarah Bolen

Kartika Sari adalah salah satu nama toko kue terlaris di Bandung, yang namanya telah dikenal masyarakat secara luas. Pisang bolen ini pun melejit berkat sang pemilik toko kue tersebut, Ratnawati Purnomo, yang mulai diperkenalkan di tahun 1984.
Fakta & Sejarah Pisang Bolen Bandung yang Enaknya Bikin Ketagihan
Mulanya Ratnawati hanya menjual kue lapis dan bolu kukus, tapi kegemarannya pada dunia kue membuatnya berinovasi dan membuat pisang bolen dengan adonan kulit pastry yang nikmat ini.

 

 

 

2. Asal-usul nama bolen

Nama bolen sendiri diambil dari bentuk kue ini yang hampir menyerupai truk pengaduk semen, yakni truk bolen. Sama halnya seperti nastar, pisang bolen ini merupakan inovasi yang diciptakan dari resep-resep pastry asal Belanda, sehingga rasanya lebih diterima oleh lidah masyarakat Indonesia dan variasi isian yang lebih mudah didapat.

3. Variasi bolen yang tak hanya berisi pisang

Fakta & Sejarah Pisang Bolen Bandung yang Enaknya Bikin Ketagihan
Semakin larisnya pisang bolen, membuat pemiliki bisnis kue khas Bandung ini pun melahirkan ide dengan menciptakan variasi isian dari bolen. Sekarang, kamu bisa menemukan bolen dengan isilan selain pisang, yakni puyeum (tape) bolen, durian bolen, apel bolen, kacang hijau bolen, getuk bolen dan lain sebagainya.

4. Pisang bolen dan pisang molen sering disebut sama, tapi sebenarnya mereka 2 camilan yang berbeda

Fakta & Sejarah Pisang Bolen Bandung yang Enaknya Bikin Ketagihantravel.tribunnews.com
Pisang molen memiliki ukuran yang lebih kecil dari pisang bolen, meski memiliki nama yang hampir sama. Pisang molen sering banyak dijajakan penjual gorengan di pinggir jalan, sedangkan pisang bolen lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas kota Bandung. Molen hanya memiliki isian pisang, sementara bolen memiliki lebih banyak varian isi seperti pisang, cokelat, keju, apel, durian dan masih banyak lagi.
Tekstur dan bahan-bahan kulit dari 2 makanan ini pun berbeda. Pisang molen memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu, mentega, gula pasir, valini dan air. Sementara bolen menggunakan bahan adonan pastry, yakni tepung terigu, gula pasir, korsvet dan air. Dari segi harganya pun pisang bolen jauh lebih mahal jika dibandingkan pisang molen. Jadi, jangan salah menyebut kedua makanan ini lagi, ya.

Resep Bolen

Bahan-bahan

24 bolen
Bahan A: 

100 gram terigu cakra 
50 gram terigu segi 3 
115 gram margarin 
1,5 sdm minyak sayur

Bahan B : 
200 gram terigu cakra 
100 gram terigu segi 3 
115 gram margarin 
40 gram gula halus 
120 ml susu cair

Isian : 

125 gram kacang hijau kupas, rendam 2 jam,kukus hingga empuk 
250 ml santan60 gram gula pasir 
1 sdm susu bubuk 
1/2 sdt vanili bubuk 
1/2 sdt garam 
1 lembar daun pandan, simpulkan

alternatif lain isian :

pisang madu, goreng sebentar
meses cokelat
Bahan taburan,boleh pilih :
keju parut
meses cokelat
wijen

Bahan olesan : 
2 sdm kental manis 
1/2 sdm minyak 
1/2 sdt air 
1/2 sdt madu
pewarna cair kuning tua

link sumber :  https://www.idntimes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar