Senin, 21 Oktober 2019

Resep Kue Talam Ubi Ungu yang Enak dan Lezat

Apa Itu Kue Talam?

Kue talam merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang mudah kita temukan di mana-mana. Pada saat bulan puasa, menu kue talam ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia bersama dengan kolak. Kue talam umumnya dibuat dari bahan tepung.
Mulai dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu, tepung sagu, dan masih banyak lagi.Bisa dibilang, tepung-tepung yang digunakan untuk membuat kue talam memiliki kadar glikemik indeks yang cukup tinggi. Sehingga rasanya sangatlah manis. Akan tetapi, mirisnya sekarang ini banyak beredar kue talam yang dicampuri bahan berbahaya, seperti dicampur sakarin dan bahan pengawet.

resep kue talam ubi ungu
Jenis-Jenis Kue Talam
cara membuat kue talam ubi unguPada awalnya, kue talam hanya dibuat dari satu jenis bahan saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini kue talam sudah ada banyak sekali jenisnya. Adapun jenis-jenis kue talam antara lain:Kue talam pandanKue talam lapis ketanKue talam tapeKue talam durianKue talam pisangKue talam singkongKue talam jagungKue talam ubiKue talam bulan (khas Betawi), dan masih banyak lagi. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});Dari banyaknya jenis kue talam diatas, kue talam ubi lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Jenis ubi yang digunakan juga bervariasi, mulai dari ubi ungu, ubi merah, hingga ubi kuning. Saat ini yang cukup banyak diminati adalah talam ubi ungu.Kue talam ubi ungu memiliki rasa yang cukup khas dan lembut di lidah. Rasa lembut dan nikmat tersebut terbalut dengan gurihnya air santan kepala kental. Camilan inipun bisa Anda jadikan sebagai santapan saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta.Tidak perlu membeli kue talam ubi ungu di luar, karena Anda juga bisa mencoba membuat camilan tradisional tersebut di rumah. Berikut ini kami sajikan resep kue talam ubi ungu dan cara membuatnya yang sangat mudah.Bahan Kue Talam Ubi UnguUntuk membuat kue satu ini sangatlah mudah sekali, Anda hanya perlu membuat dua buah lapisan yakni lapisan atas dan bawah. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu asing, sehingga tidak terlalu sulit didapat. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.Bahan lapisan atas:Ubi ungu sebanyak 400 gramTepung kanji sekiranya 100 gramTepung beras cukup dengan 100 gramGula pasir sebanyak 150 gramSantan kelapa kental sekitar 300 mlAgar-agar bubuk putih sebanyak 1 sdmGaram cukup dengan 1 sdmBahan lapisan bawah terdiri dari:Tepung beras sebanyak 3 sdmTepung kanji sebanyak 50 gramSantan kental cukup dengan 200 mlGaram sekiranya 1 sdm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar